Sabtu, 17 November 2012

Ziarah ke Makam Bung Karno

Sudah baca artikelku sebelumnya kan...?
Dari Gua Maria Sendangrejo, pulangnya kita bisa mampir ke makam Sang Proklamator kita : Bung Karno.  Semua pasti tahu donk siapa beliau!
Selain Presiden pertama Indonesia, beliau ini adalah yang memproklamatorkan kemerdekaan Indonesia. Bahkan tanggal 7 November 2012 lalu, Bapak SBY telah menganugerahi gelar Pahlawan Nasional untuk beliau dan Bung Hatta.


Walaupun beliau telah wafat pada 21 Juni 1970, tapi kharismanya tidak pernah hilang. Masih banyak orang yang datang berkunjung ke makamnya karena mengidolakan beliau, atau bisa juga karena ingin tahu, karena telah mendengar banyak cerita hebat mengenai Bung Karno.
Makam Bung Karno terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Bendongerit, Kecamatan Sanan Wetan, Blitar. Kemudian tahun 2004 didirikan gedung perpustakaan dan museum yang menjadi satu kompleks dengan makam Bung Karno tersebut. Perpustakaan dan museum ini diresmikan Presiden RI Megawati Soekarno Putri pada 3 Juli 2004. Di dalam perpustakaan ini berisi buku-buku mengenai ide, gagasan dan pemikiran Sang Proklamator supaya lebih dipahami oleh generasi sekarang ini.






Setelah dari makam, pulangnya kita akan melewati jalan agak kecil dan cukup panjang, yang kanan-kirinya terdapat puluhan orang berjualan souvenir. Tinggal pilih saja friends...supaya kita punya kenang-kenangan dari kota Blitar, dari makam Bung karno tepatnya.

Bagi generasi sekarang, mungkin tidak banyak yang tahu tentang Presiden pertama kita ini. Mungkin ini saatnya kita mengenalkan beliau pada anak-anak. Refreshing sekalian memberi pelajaran berharga untuk generasi penerus. Karena seperti yang pernah diungkapkan oleh Bung Karno sendiri pada pidato terakhirnya : "Jangan sekali-kali melupakan sejarah"



Silahkan baca juga artikel terkait di bawah ini :
http://www.rentcarwisata-malang.blogspot.com/

http://gus7.wordpress.com/2011/06/03/menguak-misteri-denyutan-pada-lukisan-bung-karno-di-blitar/

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/08/01/wisata-kebangsaan-sekaligus-wisata-religi-di-makam-bung-karno-481817.html

http://banggawisatalokal.blogspot.com/2011/12/komplek-makam-bung-karno.html

http://www.tempo.co/read/news/2012/11/07/078440360/Blitar-Sambut-Gembira-Gelar-Pahlawan-Soekarno




Tidak ada komentar: