Kamis, 01 November 2012

Sakit kepala...? Minumlah KOPI...!!!

Hari raya kurban sudah berlalu, tapi persediaan daging di kulkas masih banyak. Yang sudah berhasil diolah menjadi masakan juga masih terlihat di dapur. Padahal ini sudah hari kelima setelah hari raya. Pusing melihat masakan itu tidak segera habis, pusing karena bingung sisa daging di kulkas akan diolah apa lagi, dan pusing karena tensinya naik!!!! :(

Gimana nggak naik...? Setelah Idul Adha, tiga kali sehari makannya daging kambing dan sapi. Sudah diimbangi dengan makan sayur dan mentimun, tapi pusing ini seperti enggan pergi dari kepalaku. Aku coba minum obat penurun tensi, tetap saja. Minum obat sakit kepala, tidak pengaruh. Ditambah lagi, hawa disini sekarang sedang panas-panasnya, karena tidak segera turun hujan. Itu semua membuat aku semakin stress, dan jadi malas beraktifitas. Aku jadi bingung, dikasih apa ya biar hilang pusingnya...??? :(

Akhirnya, setelah makan malam tadi...aku menemukan jawabannya!
Sudah kebiasaan suamiku, setelah dinner minta dibuatkan kopi. Dan biasanya juga, aku membuat teh hangat untuk diriku sendiri. Tapi, malam ini..entah kenapa aku ingin sekali minum kopi. Setelah agak hangat, kuminum kopi tersebut. Dan ternyata..apa yang terjadi friends...?
Aku merasakan ada yang mengalir di kepalaku. Pusing yang aku rasakan mulai dahi, pelan-pelan seperti berjalan menyusuri kepala menuju ke belakang. Dan...pusingku berkurang!
Haaaaaaaa....senangnya, akhirnya aku terbebas dari sakit kepala ini..... :)
Aku ceritakan pengalamanku tadi kepada suami tercinta. Ternyata, dia bilang itu memang salah satu khasiat dari kopi. Akhhhhh...kenapa dia tidak bilang dari tadi ya?!

Karena penasaran, aku segera menyalakan laptop, dan mencari info di internet.
Jadi ternyata friends...kopi itu memiliki khasiat yang banyak, jika kita mengkonsumsinya dengan cara yang bijak tentunya.

Kopi dapat mencegah penyakit diabetes dan kanker

Penyakit kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi kopi. Selain itu, dapat mengurangi tingkat gula darah pada pasien diabetes. Karena kandungan yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Manfaat kopi yang lain juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, penyakit Parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dan sebagainya.

Kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke 

Kandungan yang terdapat dalam kopi bisa menghindarkan kita dari penyakit serangan jantung bahkan stroke. Hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun yang suka minum kopi, memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari.

Kopi dapat mencegah kanker mulut dan melindungi gigi            

Senyawa yang terdapat dalam kopi dapat mencegah terjadinya resiko kanker mulut, membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

Kopi sebagai pembangkit stamina dan tenaga ekstra  

Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah atau mengantuk dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, karena tekanan darah naik.

Kopi dapat mengurangi rasa sakit kepala                         

Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat. Yang satu ini, sudah benar-benar aku buktikan friends...!!!

Kopi mengatasi perubahan suasana hati dan depresi    

Minum kopi dengan teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.

Ternyata kopi sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara baik dan tidak berlebihan. Minum kopi dalam satu hari cukup 1 – 2 cangkir kita sudah mendapatkan manfaatnya. 

 

Tapi, mengkonsumsi secara berlebihan juga tidak baik, karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya terhadap tubuh kita.
Kesimpulannya, cukup konsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari untuk mendapatkan manfaat sehat yang maksimal. 

Di dunia kecantikan ternyata kopi juga terkenal lho...!
Apabila kulitmu iritasi, kopi bisa digunakan untuk menetralisir. Selain itu bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, flek / noda hitam pada wajah. Yang ingin mencegah penuaan dini, kopi bisa juga lho untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki jaringan kulit rusak. Bagi yang punya masalah BB...alias bau badan, daripada tidak percaya diri, pakailah kopi untuk membasminya.... ;)

Wahhhh...ternyata banyak juga khasiat kopi ya...?
Bagi para ladies, mungkin banyak yang berpikir kopi tidak baik untuk dikonsumsi, karena kopi itu identik dengan pria dan berbahaya. (ssssstttt...aku dulu juga sempat berpikir begitu...)
Tapi setelah merasakan khasiatnya sore tadi...hmmmm, aku akan mulai membudayakan minum kopi di rumahku, minimal satu kali sehari.
    
Gimana friends...semoga bermanfaat ya sharing pengalamanku ini....

Selamat mencoba..... :) 


Silahkan baca juga artikel terkait di bawah ini : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi 
http://majalahkesehatan.com/manfaat-kopi-bagi-kesehatan/ 
http://biji-kopi.com/ 

 


Tidak ada komentar: